Tips Mengetahui Tanda Cedera Serius Pada Olahraga Sepeda

Tips Mengetahui Tanda Cedera Serius Pada Olahraga Sepeda

ReviewSepeda.com | Sebagian besar cedera saat bersepeda memiliki tanda-tanda dan gejala yang jelas. Cedera dapat dibagi menjadi dua, yaitu cedera yang terjadi mendadak seperti terjatuh dan terkilir, dan cedera yang berawal dari rasa tidak nyaman dan berkembang menjadi masalah yang serius.

 Jika kita memperhatikan sinyal yang diberikan oleh tubuh, kita dapat mengenali adanya cedera dari tahap awal dan mencegahnya untuk menjadi semakin parah.

Berikut adalah beberapa pertanda cedera yang harus kita perhatikan:

#1. Sendi terasa sakit.

Sakit pada sendi, terutama pada lutut, pergelangan kaki, siku dan pergelangan tangan harus selalu mendapat perhatian penuh. Karena sendi-sendi ini tidak diselimuti oleh otot, sakit pada area ini seringkali bukan berasal dari masalah otot. Sakit sendi yang berlanjut selama lebih dari 48 jam membutuhkan diagnosa dokter.

#2. Sensitifitas di titik tertentu.

Jika kita dapat mengundang rasa sakit di titik tertentu pada area tulang, otot, atau sendi dengan menekan jari pada titik tersebut, maka kita memiliki cedera yang cukup serius. Lakukan juga pada titik di lokasi yang sama pada sisi tubuh yang lain, jika tidak terasa sakit maka kita harus segera mengunjungi dokter.

#3. Bengkak.

Hampir semua cedera olahraga memiliki tanda-tanda bengkak. Pembengkakan biasanya jelas terlihat namun kadang-kadang kita dapat merasakan anggota tubuh kita membengkak walaupun terlihat normal. Bengkak biasanya terjadi bersamaan dengan rasa sakit, warna merah pada kulit, dan kulit terasa hangat di area yang bengkak. Bengkak pada sendi akan berakibat pada rasa sakit, rasa kaku, dan suara berderak karena tendon memantul satu sama lain setelah didorong ke posisi baru akibat pembengkakan.

#4. Ruang gerak berkurang.

Jika pembengkakan tidak terlalu terlihat, kita seringkali dapat merasakannya dengan menyadari bahwa kemampuan ruang gerak sendi berkurang. Kita akan kesulitan menggerakan anggota tubuh tersebut.

#5. Bandingkan satu sama lain.

Bila kita curiga bahwa pergelangan kaki kanan kita cedera, coba bandingkan ukuran, kemampuan gerak, dan rasa sakit dengan pergelangan kaki kiri. Jika merasakan adanya perbedaan, walaupun hanya sedikit dan kecil, saatnya untuk mengunjungi dokter.

#6. Mati Rasa dan Kesemutan.

Jangan pernah hiraukan bila ada anggota tubuh yang mati rasa dan kesemutan. Sensasi tersebut seringkali berhubungan dengan syarat terjepit, dan dapat menjadi pertanda bahwa kita memiliki cedera serius. Segera kunjungi dokter bila ini terjadi.

Langkah yang harus diambil bila kita curiga cedera telah terjadi:

  • Hentikan aktifitas segera.
  • Balut secara erat anggota tubuh yang terkena cedera dengan perban kompresi.
  • Letakan es batu atau sebungkus sayuran beku pada area cedera selama 15 menit setiap 3 jam.
  • Angkat bagian tubuh yang cedera sampai berada pada level lebih tinggi dari posisi jantung, untuk mengurangi pembengkakan.
  • Kunjungi dokter untuk mendapat diagnosa yang tepat.

About reviewsepeda.com

reviewsepeda.com
Informasi lengkap seputar sepeda: Harga Sepeda, Merk Sepeda, Jenis Sepeda, Sepeda Listrik, Sepeda MTB, Sepeda Anak, Sepeda Gunung, Sepeda Lipat, Sepeda Polygon, Sepeda United, Sepeda Thrill, Komunitas Sepeda, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *