Bersepeda Dapat Mengobati Parkinson? Yuk, Simak Informasinya

Bersepeda Dapat Mengobati Parkinson? Yuk, Simak Informasinya

ReviewSepeda.com | Saat ini, sepeda menjadi trend bagi para masyarakat di perkotaan yang sadar akan polusi. Tak hanya membuat tubuh menjadi sehat, bersepeda dapat mengurangi polusi udara. Namun, apakah Anda tahu bahwa manfaat bersepeda dapat mengobati penyakit Parkinson?

Menurut penelitian yang telah dilakukan ilmuwan dari Radiological of North America di Chicago Amerika serikat, manfaat bersepeda sangatlah banyak, salah satunya dapat mencegah dan mengobati penyakit parkinson karena bersepeda dapat meningkatkan koordinasi serta keseimbangan antara daerah otak yang terjangkit penyakit ini.

Para peneliti telah menemukan bahwa gerakan mengayuh sepeda dapat menyebabkan konektivitas yang lebih besar terutama di daerah otak. Para ahli bahkan memperkirakan sekitar  7 hingga 10 juta orang dari seluruh dunia terkena penyakit parkinson.

Penyakit parkinson sendiri merupakan gangguan kronis neurologi progresif yang telah menyebabkan sel-sel syaraf pada otak yang membuat dopamine sehingga perlahan akan hancur. Otak tanpa dopamine, akan mengakibatkan otak tak dapat mengirim pesan dengan benar sehingga hilangnya fungsi otot.

Gejala utama penyakit parkinson seperti otot kaku, badan gemetar atau tremor, serta gerakan fisik menjadi lambat. Apabila sudah semakin parah tubuh akan kehilangan keseimbangan. Penelitian dilanjutkan oleh ahli saraf di Cleveland Clinic Lerner Research Instite.

26 pasien penderita Parkinson yang berusia 30 hingga 75 dilibatkan dapat penelitian ini. Efek bersepeda akan diukur oleh alat yang bernama functional connectivity magnetic resonance imaging (fcMRI). Alat ini dapat mengukur perubahan oksigen darah yang ada di otak, untuk melihat seberapa aktif bagian otak yang saling berhubungan satu sama lain.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih signifikan, para peneliti membagi pasien menjadi 2 kelompok. Kelompok pertama mengayuh sepeda dengan kecepatan yang tak begitu tinggi dan telah ditentukan sedangkan kelompok kedua mengayuh sepeda dengan tingkat kecepatan yang tinggi hampir setara sepeda motor.

Dari penelitian tersebut , para peneliti menyimpulkan bahwa bersepeda dengan kayuhan cepat dapat meningkatkan hubungan antara otak dengan gerakan dan sangat baik untuk mencegah atau mengobati penyakit parkinson. Manfaat bersepeda saat efektif mengatasi penyakit parkinson serta biayanya yang sangat murah.

About reviewsepeda.com

reviewsepeda.com
Informasi lengkap seputar sepeda: Harga Sepeda, Merk Sepeda, Jenis Sepeda, Sepeda Listrik, Sepeda MTB, Sepeda Anak, Sepeda Gunung, Sepeda Lipat, Sepeda Polygon, Sepeda United, Sepeda Thrill, Komunitas Sepeda, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *