Inilah Solusi Bebas Cidera Saat Bersepeda

Inilah Solusi Bebas Cidera Saat Bersepeda

Reviewsepeda.com | Inilah Solusi Bebas Cidera Saat Bersepeda | Saat ini banyak sekali kita jumpai di jalanan orang-orang berolahraga menggunakan sepeda. Tak hanya sebagai olahraga, bahkan sebagian orang memakai sepeda sebagai kendaraan untuk pergi ke tempat kerja. Besarnya manfaat bersepeda bagi kesehatan membuat kegiatan bersepeda banyak diminati.

Namun, tingkat kenyamanan saat bersepeda sangat perlu diperhatikan karena apabila tak efesien saat mengaturnya bisa-bisa akan membuat anda cedera saat bersepeda. Untuk itu, sebaiknya aturlah sepeda yang baik dan benar untuk meningkatkan efesiensi serta aerodinamika.

Untuk itu, kami akan membahas beberapa prinsip dasar pengaturan sepeda yang dapat Anda praktekkan agar bebas cedera saat bersepeda.

• Atur kembali posisi sadel

Perhatikan posisi permukaan sadel sepeda Anda. Aturlah posisi sadel yang rata sehingga mampu menahan bebat tubuh anda agar lebih maksimal. Apabila posisi depan sadel miring ke bawah akan memberikan tekanan saat duduk.

Sebaliknya, apabila posisi depan sadel miring ke atas akan menyebabkan posisi duduk tergelincir dan membuat beban pada tangan, lengan dan lutut yang beresiko cedera. Hal yang tak kalah penting yaitu ketinggian sadel, aturlah tinggi sadel. Pastikan saat mengayuh sepeda, posisi lutut harus tegak lurus saat berada di pedal bawah agar tak mengakibatkan cedera setelah bersepeda.

• Perhatikan posisi stang atau handlebar

Atur kembali tinggi stang sehingga posisi siku sedikit menekuk dan berfungsi untuk meredam goncangan saat bersepeda. Untuk jenis handlebar yang multigrip, atur posisinya sehingga anda dapat menggenggamnya kuat dan nyaman di berbagai sisi pegangan stang.

• Atur Posisi Gir Sepeda

Perpindahan gir sepeda dilakukan saat mengendari di jalanan yang naik atau turun. Namun tahukah Anda apabila posisi gir sepeda yang baik adalah pada 70-100 kayuhan per menit dalam kondisi normal. Apabila mengayuh sepeda alam posisi gir yang terlalu cepat dapat menyebabkan cedera kram atau nyeri pada lutut.

Cedera saat bersepeda dapat anda atasi apabila mengatur posisi sepeda dengan benar. Semoga beberapa prinsip dasar pengaturan sepeda di atas dapat menambah wawasan serta dapat menghindari cedera saat bersepeda. Happy Gowes! Sumber : sepedapancal.com

About reviewsepeda.com

reviewsepeda.com
Informasi lengkap seputar sepeda: Harga Sepeda, Merk Sepeda, Jenis Sepeda, Sepeda Listrik, Sepeda MTB, Sepeda Anak, Sepeda Gunung, Sepeda Lipat, Sepeda Polygon, Sepeda United, Sepeda Thrill, Komunitas Sepeda, dll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *